Sunday, August 03, 2008

Kenali Tanda Segitiga Pada Kemasan Plastik

Akhir-akhir ini sering diulas di televisi tentang kemasan plastik yang berbahaya. Coba kita perhatikan di sekitar kita, sudah dipenuhi dengan sampah plastik yang tentunya sangat sulit untuk didaur ulang. Kita juga sering menjumpai berbagai macam plastik mulai dari tas kresek dengan berbagai macam warna ( merah, putih, hitam dll), toples tempat makanan, botol air minum, botol susu, gantungan baju, compact disk (CD), pipa paralon dll yang semuanya itu mengandung plastik juga kan???


Tentunya kita sebagai manusia awam tidak tahu mana plastik yang aman dan yang tidak aman. Tetapi ternyata sudah diatur dan ditetapkan secara internasional sehingga di negara manapun di dunia ini menggunakan kode dan simbol yang sama. Namun sayang masih banyak yang belum mengetahui seperti apa kode dan simbol tersebut. Bagi manusia awam kode dan simbol tersebut sangat penting untuk diketahui karena berkaitan dengan jenis bahan serta cara dampak pemakaiannya.

Kode ini dikeluarkan oleh The Society of Plastic Industry pada tahun 1998 di Amerika Serikat dan diadopsi oleh lembaga-lembaga pengembangan sistem kode, seperti ISO (International Organization for Standardization).

Secara umum tanda pengenal plastik tersebut:

1. Berada atau terletak di bagian bawah
2. Berbentuk segitiga
3. Di dalam segitiga tersebut terdapat angka
4. Serta nama jenis plastik di bawah segitiga

Tanda pengenal plastik itu dibagi menjadi 7 buah kelompok. Serta 3 tambahan sehingga totalnya ada 10 buah. Tanda-tanda plastik tersebut adalah:

JENIS KE 1
:


Tanda ini biasanya tertera logo daur ulang dengan angka 1 di tengahnya
serta tulisan PETE atau PET (polyethylene terephthalate) di bawah segitiga. Biasa dipakai untuk botol plastik, berwarna jernih/transparan/tembus pandang seperti botol air mineral, botol jus, dan hampir semua botol minuman lainnya. BOTOL JENIS PET/PETE ini direkomendasikan HANYA SEKALI PAKAI. Bila terlalu sering dipakai, apalagi digunakan untuk menyimpan air hangat apalagi panas, akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker) dalam jangka panjang.

JENIS KE 2:


Umumnya, pada bagian bawah kemasan botol plastik, tertera logo daur ulang dengan angka 2 di tengahnya, serta tulisan HDPE (high density polyethylene) di bawah segitiga. Biasa dipakai untuk botol susu yang berwarna putih susu, tupperware, galon air minum, kursi lipat, dan lain-lain. HDPE memiliki sifat bahan yang lebih kuat, keras, buram dan lebih tahan terhadap suhu tinggi. HDPE merupakan salah satu bahan plastik yang aman untuk digunakan karena kemampuan untuk mencegah reaksi kimia antara kemasan plastik berbahan HDPE dengan makanan/minuman yang dikemasnya. Sama seperti PET, HDPE juga direkomendasikan hanya untuk sekali pemakaian karena pelepasan senyawa antimoni trioksida terus meningkat seiring waktu.

JENIS KE 3:


Tertera logo daur ulang (terkadang berwarna merah) dengan angka 3 di tengahnya, serta tulisan V. V itu berarti PVC (polyvinyl chloride), yaitu jenis plastik yang paling sulit didaur ulang. Plastik ini bisa ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap), dan botol-botol. Reaksi yang terjadi antara PVC dengan makanan yang dikemas dengan plastik ini berpotensi berbahaya untuk ginjal, hati dan berat badan. Sebaiknya kita mencari alternatif pembungkus makanan lain (bukan bertanda 3 dan V) seperti plastik yang terbuat dari polietilena atau bahan alami (daun pisang misalnya).

JENIS KE 4:


Tertera logo daur ulang dengan angka 4 di tengahnya, serta tulisan LDPE. LDPE (low density polyethylene) yaitu plastik tipe cokelat (thermoplastic/dibuat dari minyak bumi), biasa dipakai untuk tempat makanan, plastik kemasan, dan botol-botol yang lembek.
Sifat mekanis jenis plastik LDPE adalah
1. Kuat,
2. Agak tembus cahaya,
3. Fleksibel dan permukaan agak berlemak.
4. Pada suhu di bawah 60oC sangat resisten terhadap senyawa kimia,
5. Daya proteksi terhadap uap air tergolong baik,
6. Kurang baik bagi gas-gas yang lain seperti oksigen.
7. Plastik ini dapat didaur ulang, baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat, dan memiliki resistensi yang baik terhadap reaksi kimia.
Barang berbahan LDPE ini sulit dihancurkan, tetapi tetap baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini.

JENIS KE 5:


Tertera logo daur ulang dengan angka 5 di tengahnya, serta tulisan PP. Karakteristik adalah biasa botol transparan yang tidak jernih atau berawan. Polipropilen lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah, ketahanan yang baik terhadap lemak, stabil terhadap suhu tinggi dan cukup mengkilap. Jenis PP (polypropylene) ini adalah pilihan bahan plastik terbaik, terutama untuk tempat makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi. Carilah dengan kode angka 5 bila membeli barang berbahan plastik untuk menyimpan kemasan berbagai makanan dan minuman.

JENIS KE 6:


Tertera logo daur ulang dengan angka 6 di tengahnya, serta tulisan PS. PS (polystyrene) ditemukan tahun 1839, oleh Eduard Simon, seorang apoteker dari Jerman, secara tidak sengaja. PS biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dan lain-lain. Polystyrene merupakan polimer aromatik yang dapat mengeluarkan bahan styrene ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan. Selain tempat makanan, styrene juga bisa didapatkan dari asap rokok, asap kendaraan dan bahan konstruksi gedung. Bahan ini harus dihindari, karena selain berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi, dan pertumbuhan dan sistem syaraf, juga karena bahan ini sulit didaur ulang. Pun bila didaur ulang, bahan ini memerlukan proses yang sangat panjang dan lama. Bahan ini dapat dikenali dengan kode angka 6, namun bila tidak tertera kode angka tersebut pada kemasan plastik, bahan ini dapat dikenali dengan cara dibakar (cara terakhir dan sebaiknya dihindari). Ketika dibakar, bahan ini akan mengeluarkan api berwarna kuning-jingga, dan meninggalkan jelaga.

JENIS KE 7:


Tertera logo daur ulang dengan angka 7 di tengahnya, serta tulisan OTHER. Untuk jenis plastik 7 Other ini ada 4 jenis, yaitu :
1. SAN – styrene acrylonitrile,
2. ABS - acrylonitrile butadiene styrene,
3. PC - polycarbonate,
4. Nylon
Dapat ditemukan pada tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga, suku cadang mobil, alat-alat rumah tangga, komputer, alat-alat elektronik, dan plastik kemasan. SAN dan ABS memiliki resistensi yang tinggi terhadap reaksi kimia dan suhu, kekuatan, kekakuan, dan tingkat kekerasan yang telah ditingkatkan. Biasanya terdapat pada mangkuk mixer, pembungkus termos, piring, alat makan, penyaring kopi, dan sikat gigi, sedangkan ABS biasanya digunakan sebagai bahan mainan lego dan pipa.
Plastik dengan jenis 7 yaitu SAN dan ABS merupakan salah satu bahan plastik yang sangat baik untuk digunakan dalam kemasan makanan ataupun minuman. Bagaimana jenis plastik dengan kode 7 serta tulisan PC? PC – atau nama Polycarbonate dapat ditemukan pada botol susu bayi, gelas anak batita (sippy cup), botol minum polikarbonat, dan kaleng kemasan makanan dan minuman, termasuk kaleng susu formula.
Dapat mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon, kromosom pada ovarium, penurunan produksi sperma, dan mengubah fungsi imunitas. Dianjurkan tidak digunakan untuk tempat makanan ataupun minuman. Ironisnya botol susu sangat mungkin mengalami proses pemanasan, entah itu untuk tujuan sterilisasi dengan cara merebus, dipanaskan dengan microwave, atau dituangi air mendidih atau air panas.

Apakah yang Dapat Kita Peroleh dari Informasi SIMBOL PLASTIK Tersebut?
1. Harus bijak dalam menggunakan plastik, khususnya kode 1, 3, 6, dan 7 (PC), seluruhnya memiliki bahaya secara kimiawi. Gunakan hanya sekali pakai!
2. Akan aman bila menggunakan plastik dengan kode 2, 4, 5, dan 7 (SAN atau ABS)

Satu lagi yang perlu diwaspadai dari penggunaan plastik dalam industri makanan adalah kontaminasi zat warna plastik dalam makanan contohnya kita sering membeli gorengan di pinggir jalan, suka minta sama penjualnya yang panas lalu setelah digoreng dimasukkan ke kantong kresek hitam. Ternyata zat pewarna hitam ini kalau terkena panas, bisa terurai, terdegradasi menjadi bentuk zat radikal beracun yang berbahaya bagi kesehatan terutama dapat menyebabkan sel tubuh berkembang tidak terkontrol seperti pada penyakit kanker. Makanya mulai sekarang sebisa mungkin hindari membungkus makanan dengan tas kresek ya! Terutama makanan yang masih panas. Demi panjang umur.... hehehe....tandu dan tips buat kita semua bagi para orang tua yang masih memerlukan botol susu untuk putra-putrinya:
1. Pilih dan gunakan botol susu bayi berbahan kaca, atau plastik jenis 4 atau 5.
2. Gunakanlah cangkir bayi berbahan stainless steel, atau plastik jenis 4 atau 5.
3. Untuk dot, gunakanlah yang berbahan silikon, karena tidak akan mengeluarkan zat karsinogenik sebagaimana pada dot berbahan latex.
4. Cegah penggunaan botol susu bayi dan cangkir bayi (dengan lubang penghisapnya) berbahan jenis 7 PC (polycarbonate),
5. Jika penggunaan plastik berbahan polycarbonate tidak dapat dicegah, janganlah menyimpan air minum ataupun makanan dalam keadaan panas.
Hindari penggunaan botol plastik untuk menyimpan air minum (biasa digunakan untuk tempat air putih didalam kulkas). Jika penggunaan botol plastik berbahan PET (kode 1) dan HDPE (kode 2), tidak dapat dicegah, gunakanlah hanya sekali pakai dan segera dihabiskan. Gantilah dengan botol stainless steel atau gelas/kaca.
Cegahlah memanaskan makanan yang dikemas dalam plastik, khususnya pada microwave oven
, bungkuslah terlebih dahulu makanan dengan daun pisang atau kertas sebelum dibungkus dengan plastik pembungkus ketika akan dipanaskan di mocrowave oven.
Cegah menggunakan kemasan plastik untuk mengemas makanan berminyak atau berlemak. Cobalah untuk mulai menggunakan kemasan berbahan kain untuk membawa sayuran, makanan, ataupun belanjaan. Cegah penggunaan piring dan alat makan plastik untuk masakan. Gunakanlah alat makan berbahan stainless steel, kaca, keramik, dan kayu.

Sumber: http://matoa.org

NB: Saya hanya minta HARGAILAH JERIH PAYAH ORANG LAIN!!! JANGAN CUMA BISA COPAS TANPA MENULISKAN SUMBERNYA.

52 comments:

  1. Akhirnya ketemu juga, liat berita di televisi masih blom jelas bener kemaren...

    thanks infonya...

    ReplyDelete
  2. Wah... baru tahu hari ini aku...

    Thanks atas infonya... Selama ini adikku sering pake PET buat minum sehari-hari. Mana bersihinnya pake air panas lagi. Gawat nih...

    ReplyDelete
  3. mumetsss bacanya... besok dibaca sekali lagi ahhh kcapean ngerjain pr nihhhh

    ReplyDelete
  4. Bagus banget nih Tant infonya.. thanks yaa.. jd tau deh.. selama ini gak pernah perhatian ama hal kay gini... pikiran kl harganya mahal ya pasti lebih bagus.. gak liat2 kodenya.. izin nge print yaa... mau ksh tau sodara2..

    ReplyDelete
  5. makasi mba infonya.. eagle liat juga di televisi tapi cuma setengah infonya..

    ReplyDelete
  6. serasa membaca official blognya LSM YLKI neh...detail bgt soal produk...hehehe

    ReplyDelete
  7. sip mbak makasih jadi tahu nih sekarang

    ReplyDelete
  8. Wah Mbak Lyla..jadi tahu nih..kemaren2 gak tahu..kirain segitiga nya sama aja..ternyata tulisannya beda2 yah??

    ReplyDelete
  9. Sehabis Jovieex yes!!

    Thanks mba, aku jadi nambah wawasan nih ternyata botol plastik di beri kode heheheheheh, saya pikir itu kode penomoran botol < dasar orang kampung >. Sekali lagi nice posting mbak... Salute buat mbak.

    ReplyDelete
  10. wah ternyata banyak jenis dan banyak artinya ya..kirain tanda merk dagang :D

    ReplyDelete
  11. Sebuah posting yang bermanfaat dan sangat informatif ...
    Thanks yach ...met berkarya terus, sukses selalu

    ReplyDelete
  12. kok kaya di tv yak infonya.....kaburrrrr

    ReplyDelete
  13. iya mbak wen dah liat di RCTI sampe 3 kali trus juga di akuinginhijau.wordpress:) bagus mbak udah meneruskan infonya, soalnya banyak orang awam yg gak tau:)

    ReplyDelete
  14. wah sip bgt info nya. so go grean....

    ReplyDelete
  15. yah udah keduluan deh postingx..
    gpp wis yang penting rekan2 pada tau...
    yang penting pilih yang "foodgrade" !!!

    ReplyDelete
  16. Wahh.. Terima kasih informasi nya berguna bgt..

    ReplyDelete
  17. oo lambang itu ada maknanya toh..ra ngerti aku

    ReplyDelete
  18. Thx ya infonya, jadi lebih hati2 neh milih plastik kemasan

    ReplyDelete
  19. Wah iya lyl...waktu aku minum frestea fruty yang rasa markisa, tak lihat di bagian bawahnya...ternyata ada tanda nomor 1, berarti hanya sekali pakai ya? Padahal mau tak pakai berulang2 tuh botol. ..hehe...

    Makasih atas infonya ya.. :)

    ReplyDelete
  20. bagus nih infonya.. makasih yah.. aku baru tau loh kalo tanda itu adalah tanda kemasan plastik yang aman...

    ReplyDelete
  21. Infonya bagus mbak.. kalo gini aku makin ngerti. Thank's..

    ReplyDelete
  22. selama ini cc ga pernah peduli sama segala macam tanda2 itu... di postingan mba lyla ini cc baru ngerti.. dan ternyata resikonya besar juga ya????? jadi takuttttt...

    btw thx infonya ya mba???? mulai skg lebih hati2 dan teliti lagi deyh :)

    ReplyDelete
  23. woa..mantap..bener2 brmanfaat..mike jg baru tau nih..trims ya mbak..

    ReplyDelete
  24. thank atas infonya ya mba' soalnya saya jg masih bingung nih ama kode2nya

    ReplyDelete
  25. mantap2, saya termask orang awam dengan masalah gini. akhirnya jadi tahu juga. maksih deh...

    ReplyDelete
  26. Baru tau nih ... makasih kakak atas infonya ... nanti tak kabari semua warga di tempat saya agar hati-hati ... sekali lagi makasih ... muantabb bangets ... ( From : Manekutau & DJ-Sempoerna )

    ReplyDelete
  27. Hi Lyla, Thanks visiting my site. I am sorry that I cannot comment of your post since I dont speak the language. I hope you can visit my other sites too. Have a great day to you
    Beyond The Rave Reality
    Computer and Electronics
    Personal Blog Money
    Seek Health. Feel Great

    ReplyDelete
  28. PETE? kalo ada PETE ada jengkol donk? he..he....

    *kaburrrr*

    ReplyDelete
  29. bisa masuk kesini sekarang mbak, baru tau sekarang nih kode2mya, iya kedepan lebih hati2 lagi. makasih mbak.

    ReplyDelete
  30. Wah.. baru tau nie mbak.. Trims ya infonya...

    ReplyDelete
  31. Wah akhirnya.... ini dia misteri yg saya cari jawabannya....

    akhirnya ketemu juga...
    ini toh arti angka-angka di antara segitiga itu... saya sering main tebak-tebakkan tuh ama temen-temen saya, dan ternyata jawabanya NgaCo seMua,ha,ha,ha

    ReplyDelete
  32. thx infonyaaa... bermanfaat sekalee itu.

    Sering kita lihat tanda (sesuatu) tanpa tau artinya.
    he..he..


    *ps: sudah do follow mbak.. jadi gimana nih mau masukkin daftar nggak?..*

    ReplyDelete
  33. wow..., hal yang sering kita abaikan. thanks atas infonya, sangat bermanfaat skaleee

    ReplyDelete
  34. Saya baru tahu tanda seperti itu.....ndeso

    ReplyDelete
  35. makasih ya tante Lila, jadi nambah deh pengetahuanku,, mulai besok setiap ngeliat plastik arjuna khan lihat tanda segitiga ituuu hehehe,,bravo n'trims

    ReplyDelete
  36. Thanks ya infonya! Penting banget nih, soalnya aku masih pake botol susu buat Vian dan masih seenaknya bungkus2 dengan plastik... mmmhh lain kali harus lebih hati2 ya...

    ReplyDelete
  37. jd inget pelajaran SMA yg tentang benzena gitu..
    emg plastik tu byk bahaya ya mba,,,

    ReplyDelete
  38. Lyla ... tanda segitiga gitu mah diswiss dah lama banget dikenali ...Bahkan ada tempat sampah khusus buat pet2 seperti itu.

    Bagus juga La sebagai info buat temen2 lainnya ..

    ReplyDelete
  39. Wah.. sayah mah baru tau beginian. di sekolah ga diajarin euy..
    informasi yang bagus euy..

    ReplyDelete
  40. Sebenarnya kalo makanan berminyak berkenaan langsung dengan plastik sebenarnya tidak terlalu berbahaya, asal tidak lama. Demikian juga dengan memakai bekas botol air minum untuk diisi ulang buat jalan-jalan. Zat dalam plastik tidak akan langsung bereaksi dengan minyak dan air. Terutama air. Butuh panas tinggi untuk mereaksikan keduanya, karena reaksi substitusi dan adisi yang terjadi antara keduanya bukan jenis yang spontan. Reaksi ini mungkin bisa berjalan dengan lambat, tapi tidak serta merta spontan terjadi. Jadi, jagan terlalu kuatir. Asal penggunaannya tidak sering-sering, tidak masalah. Untuk botol air minum, mungkin masih bisa digunakan 3-5 kali. Kalo mulai kusam, sebaiknya diganti. Kenapa saya bisa mengatakan begini? Karena masalah begini adalah 'makanan sehari-hari' saya sebagai mahasiswa di jurusan kimia. Semoga yang lain nggak panik-panik amat sama berita ini. Makasih :)

    ReplyDelete
  41. Biar telat koment tapi ga pa2 deh.. yang penting bisa koment hehe...

    @Yafeth:
    Makasih ya infonya.. Saya ini termasuk orang yang menggunakan botol air minumnya lamaaaaa baru diganti. Dengan informasi ini saya jadi lebih tahu deh..

    ReplyDelete
  42. aku cek di botol aqua sebelah mana nya ya ?
    kok nggak ketemu ?

    tambah contoh gambar realnya dong mbak

    tengkyu

    ReplyDelete
  43. Perusahaan itu sengaja menggunakan bahan plastik jenis 1 supaya produknya laku terus.. Mestinya perusahaan itu dihukum karena udah membuat masyarakat resah. BRENGSEK...

    ReplyDelete
  44. thx, dari kemarin aku nyari, eh ketemunya di sini. sekali lagi, thx jazakumullah

    ReplyDelete
  45. thanks infonya, sekarang saya jadi lebih faham akan bahaya dari plastik2 yang berbahaya bagi kesehatan.

    ReplyDelete
  46. wah..infonya bermanfaat banget mbak..jadi tau bahan plastik mana aja yg aman utk tubuh...

    ReplyDelete
  47. apakah kemasan plastik atau tempat yang medianya plastik seperti tupperwear juga termasuk yang harus dihindari?

    ReplyDelete
  48. mba, setelah diteliti lagi, post mba yg ini juga ngga valid, jadi ngga bisa dibilang sah juga. sumber ngga valid, linknya ngga lengkap, krn cuma homepagenya, bukan link dimana mba dapetin infonya.
    jgn tersinggung ya :)

    ReplyDelete
  49. wah..thx a lot atas infonya mbak..baru tahu saiah kalau itu ada artinya..hehe..beribu thx deh..aku copy y mbak..buat tak kasik ortu di rumah biar mereka juga tahu..hehe..boleh kan??boleh kan??boleh dong ya!!hehe..ndak tak posting kok,,murni buat arsip pribadi nih..hehe..tengkyu sekali lagi mbak..

    ReplyDelete