Wednesday, February 25, 2009

Penyakit Rabies atau Anjing Gila

Penularan penyakit rabies atau anjing gila kian merebak. Bali yang selama puluhan tahun terbebas dari rabies tak luput dari serangan virus mematikan ini. Dalam 5 tahun terakhir rata-rata jumlah penduduk yang digigit anjing lebih dari 15.000 orang di 24 provinsi di Tanah Air. Meluasnya rabies ini disebabkan tidak terkendalinya populasi anjing liar dan lemahnya sistem deteksi dini serta evaluasi periodik.

Di Bali, misalnya, penyebaran rabies terjadi karena masuknya anjing-anjing ras ke sana. Mobilitas penduduk ikut mendorong penyebaran rabies misalnya nelayan dari Nusa Tenggara Timur yang endemik rabies ke Bali dengan membawa anjing. Hewan penyebar rabies selain anjing yaitu kucing dan kera.

Cara penularan virus ini lewat air liur melalui gigitan atau luka. Virus ini selain terdapat di susunan saraf pusat juga terdapat di air liur hewan penderita.

Gejala-gejalanya:

1. Pada hewan timbul kurang lebih 2 minggu (10 hari-8 minggu)
2. Pada manusia 2-3 minggu sampai 1 tahun.

Masa tunas tergantung dari:

1. Dalam dan parahnya luka bekas gigitan
2. Lokasi luka gigitan (bila luka gigitan berada di leher dan kepala, serangan kian akut)
3. Banyaknya saraf di sekitar gigitan
4. Patogenitas dan jumlah virus yang masuk melalui gigitan
5. Jumlah luka gigitan

Tanda-tanda penyakit rabies pada hewan:

1. Bentuk ganas(Furios Rabies)

Masa eksitasi panjang, umumnya akan mati dalam 2-5 hari setelah tanda-tanda terlihat, yaitu:
* Hewan menjadi galak atau penakut
* Membangkangan perintah majikan
* Nafsu makan hilang
* Air liur meleleh tak terkendali
* Ekor di antara 2 (dua) paha

2. Bentuk diam (Dumb Rabies)

Masa eksitasi pendek, paralisa cepat terjadi
* Bersembunyi di tempat gelap dan sejuk
* Kejang-kejang berlangsung sangat singkat
* Lumpuh, tidak dapat menelan
* Air liur terus-menerus

3. Bentuk Asystomatis
Hewan tidak menunjukkan gejala sakit, tiba-tiba mati.

Tanda-tanda penyakit rabies pada manusia:

1. Nafsu makan hilang, sakit kepala, tidak bisa tidur, demam tinggi, mual, atau muntah-muntah
2. Rasa panas pada tempat gigitan
3. Takut dengan air, suara keras, cahaya, dan angin
4. Air liur dan air mata keluar berlebihan
5. Kejang-kejang disusul dengan kelumpuhan
6. Biasanya penderita akan meninggal 4-6 hari setelah gejala klinis pertama timbul

Langkah-langkah penanggulangan:

1. Mencuci bekas luka dengan sabun atau deterjen selama 5-10 menit di bawah air. Kemudian diberi alkohol 70% atau yodium tincture
2. Hewan yang mengigit dikirim ke rumah observasi hewan Dinas Perternakan, Perikanan, dan Kelautan setempat.
3. Bila hewan yang mengigit tidak diketahui, orang yang tergigit harus dibawa ke rumah sakit khusus infeksi.

51 comments:

  1. wahhh tentang rabies nihh

    Ternyata berbahaya banget ya mba...aku sih ngga tau anjing yang kena rabies...kalo ketemu juga ngga tau nih..kalo orang kena rabies gigit juga ngga??
    heheheh ......

    ReplyDelete
  2. wah takut juga yak, untung aku ngga punya hewan peliharaan apalagi anjing ...

    ReplyDelete
  3. untung disini ga anjing jadi agak aman tapi tetap harus waspada yap mbak.eh mbak disitu ujan ga?disini ujan dueres bianget ki

    ReplyDelete
  4. klo ada anjing rabies....gigit aza.hehehe.

    Mba klo didaerah mba sudah aman ya..?
    Ntar klo nagih bapia biar tenang../ :)

    ReplyDelete
  5. Wah ngeriii liat anjing gilanya aja dah lari

    ReplyDelete
  6. Mbae,kok gejalae mirip orang kena muntaber ya, cuma bedanya,4-5 hari kemudiannya meninggal..hii lebih ngeri dari AIDS tuh, kalo AIDS enak dulu baru mati tapi kalo RABIES enaknya dimana?orang digigit anjing habis itu mati...

    ReplyDelete
  7. lah rabies itu bukan hanya pada anjing juga to, ada tuh pemain ketoprak... wakaka...

    ReplyDelete
  8. Kalo kucing bisa ketularan gak ya? kan penyakit anjing gila? duh..kucing ku harus di vaksinasi neh...

    ReplyDelete
  9. huft............ ngeriiiiiiiiiiii......

    ternyata d bali bnyk yah mba....

    ReplyDelete
  10. Waduh...Ngeri ya jeng...
    Bendol mah takut ngeliat anjing.
    Mending menghindar aja.

    ReplyDelete
  11. keknya klo jalan jalan kudu bawa pentungan mbak

    ReplyDelete
  12. mo nanya...kalo kucing itu bisa rabies gak..
    kemaren temen aku ada yang digigit kucing...nah dia ketakutan tuh jgn2 kucingnya rabies juga...

    ReplyDelete
  13. Kabar terakhir Bali gimana ya?Udah tertangani belum KLB-nya?Aku gak terlalu mengikuti perkembangannya.Tp mestinya ya harus segera ditangani mengingat Bali kan obyek wisata andalan. :)

    ReplyDelete
  14. Jadi inget waktu kukecil, anjing yg sangat lucu mengejarku, untung aja ga sampe ngegigit.

    Thx ya mbak bwt infonya...

    ReplyDelete
  15. Kalau di tempatku rabies, itu buat orang2 yang usia nikah sudha dekat dan pacaran... kalau anjing gila itu pas banget aku marah waktu itu, gara2 nyetir terus mau nabrak anjing, jadilah "...Anjing gila looee"..

    ReplyDelete
  16. sereeem bgt yah kalo dah kena rabies,, jadi takut nich ganggu2in anjing :)

    ReplyDelete
  17. Wah, bagus banget infonya m'yu. Komplit...plit ga pelit.

    Aku paling ngeri ama anjing, apalg kera. Pernah punya trauma di masing2 hewan ini. Untung dua2nya lg gak gila.

    Btw, alhamdulillah aku sehat2 aja m'yu. Mudah2an m'yu pun demikian (kog bahasaku kayak bahasa surat menyurat jaman dahulu ya hehe ben sing penting ikhlas)

    -big hug-

    ReplyDelete
  18. Takut ah...ngeri juga ya mbak...untung nggak pernah kena

    ReplyDelete
  19. Wedewwwwwwwwww.....rabies, padahal emakku piaraannya anjing ada 8 ekor....untung ga ada yang rabies...coba kalo ada....fyuhhh pasti aku ikutan rabies juga neh...suka kejang kejang dewe pasti...( Ga kena rabies aja kadang dah kejang kejang ga jelas komen sana komen sini ga beraturan)

    ReplyDelete
  20. hiii seyeeemmm yu, liat tayangannya di tipi tu, mudah-mudahan dsini gak ada penyebaran penyakit rabies ah, amin:)

    ReplyDelete
  21. Wach serem juga aych kalau sampai kegigit anjing yg Ngandung Rabies gityu :D

    Tapi pencegahan yg paling tepat yaitu, jangan pernah coba deket2 dengan anjing :) hahahahha...

    Makasich banget nich tips2 and solusinya :)

    Salam :)

    ReplyDelete
  22. info bagus nih mb lyla... rabies mmg bahaya banget tuh

    ReplyDelete
  23. weleh2 mbake ngurusi anjing sgala.....aware bgt yah sm lingkungan

    ReplyDelete
  24. Manfaat banget nich Mbak Lyla infonya, makasih ya... :)
    Kalo aku, mo anjing gila atau nggak gila, sama aja, takyuuuut....

    ReplyDelete
  25. boro-boro bawa anjingnya ke balai observasi, wong ngeliat liurnya aja udah kabur....

    ReplyDelete
  26. weh, mantabs nih infonya bu'. thanks banged yah bu atas infonya :)

    ReplyDelete
  27. tapi kalau kucing gila ada gak yah??? soalnya selama ini cuman anjing gila aja yg ngetrend...hehehe

    ReplyDelete
  28. untung sekitar t4 tinggal saya gak ada yg pelihara anjing..

    ReplyDelete
  29. ini penyakit mang berbahaya
    Dinkes Pekanbaru dah keliling nyuntik anjing kemaren

    ReplyDelete
  30. saya pernah lihat film quarantine. tentang sekelompok manusia yang terjangkit rabies mereka jadi gila dan saling bunuh. bener ngga ya film itu?

    ReplyDelete
  31. wah info bagus mba. tapi sekarang udah lama gak ketemu sama dogy :D ,,,

    ReplyDelete
  32. Mba', saya SD pernah digigit ama anjing tetangga...
    Di jahit 1 jahitan, sebelah kiri ama kanan...
    Wah, parah deh, jarumnya itu lho yg buat suntik, panjang amat...
    Kalo soal rabies, udah dikasih anti rabies...
    Huh, makanya sekarang takut ama anjing....

    ReplyDelete
  33. hihihih.. utg ga melihara anjing.. jadi ga kena :)

    ReplyDelete
  34. sama yang gak gila aja gw takut palagi sama yang gila... he..he..

    ReplyDelete
  35. saya ngga pernah deket-dekat anjing mbak yu..hehehe meskipun dia kena rabies atau bukan..

    ReplyDelete
  36. Untung q ga suka ma tuh binatang so kemungkinan terkena rabies kecil !!

    ReplyDelete
  37. orang digigit anjing itu biasa.... Orang menggigit anjung baru berita....

    ReplyDelete
  38. benar mbak...tapi di Bali pembantaian anjing rabies hanya disekitar Jimbaran dan nusa Dua

    ReplyDelete
  39. serem ya booo...mustinya kalau lagi wabah anjing2 itu dikandangin biar gak ketularan...

    ReplyDelete
  40. artikelnya bagus jg nehh.. soalnya aku suka sama anjing..
    pengetahuan nih buat aku. hehe
    oya... salam kenal ya mba ^^

    ReplyDelete
  41. Makanya aku tuh paling takut ma yang namanya anjing, soalnya anjing di Indonesia rata2 kan ga pernah ketemu dokter hewan.

    ReplyDelete
  42. iya nihh,,di bali karang udah banyak ada anjing rabies mbakk..huhu,,jadi takut lp mau keluar kemana2..

    ReplyDelete
  43. walau kita tidak memelihara anjing tp ga ada salahnya melakukan tindakan preventif ya mba

    ReplyDelete
  44. semoga deh dijauhkan dari rabeis.. amin... nice info mba...

    ReplyDelete
  45. untung aku punyanya ular... bukan anjing.. hehe...

    ReplyDelete
  46. kalau gitu jauh2 dari anjing dech biar gak kena rabies *sambil cari2 postingan lyla yang.....*

    ReplyDelete